Profil dan Biografi Ilmuwan Terbesar Didunia Albert Einstein

Biografi Albert Einstein¬†– Semua orang diseluruh penjuru dunia pasti mengenal namanya, dia memang menjadi sosok terkenal meskipun telah lama tiada. Sumbangsihnya akan dunia begitu besar, sehingga semua orang dari masa ke masa mengenal sosok ilmuwan ini. Bahkan ilmuwan fisika teoritis ini dipandang sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dialah seorang ilmuwan pertama yang mengemukakan teori relativitas dan juga mengembangkan mekanika kuantum, mekanika statistik dan kosmologi. Einstein juga seorang penemu ‘Bom Atom’ yang tetap dikenal hingga saat ini. Teori-teorinya memang masih dikenal dan bermanfaat hingga saat ini, tak heran bila dia menjadi dijadikan ilmuwan terbesar didunia.

Biografi dan Profil Albert Einstein

Biografi Albert EinsteinDari biografi Albert Einstein, dia lahir di Ulm, Wurttemberg, Jerman pada 14 maret 1879 dari pasangan Hermann Einstein dan Pauline. Ayahnya seorang penjual ranjang bulu yang kemudian menjalani pekerjaan sebagai elektrokimia. Menjadi keluarga keturunan Yahudi, Einstein bersekolah di sekolah Katholik dan dia juga mengikuti pelajaran biola atas keinginan sang ibu. Pengalaman fisika pertamanya yang amat berharga muncul ketika dia berusia lima tahun, saat itu sang ayah menunjukkan kompas kantung. Karena dia menjadi sosok yang jenius, pengalaman ini memberikan pengalaman tersendiri dibandingkan anak usia lima tahun lainnya.

Saat itu Einstein menyadari bahwa sesuatu di ruang yang ‘kosong’ ini beraksi terhadap jarum di kompas tersebut. Dari biografi dan profil Albert Einstein menyebutkan bahwa ternyata dia dulunya dianggap sebagai pelajar yang lambat, hal ini mungkin disebabkan karena sifatnya yang pemalu dan juga dyslexia. Meskipun pendiam, jarang bermain dengan temannya dan dyslexia, dia tetap mampu berprestasi disekolahnya. Pada 1898 Einstein menemukan cintanya bernama Mileva Maric, seorang warga Serbia yang juga seorang matematikawan. Mereka kemudian menikah pada 6 Januari 1903, dari pernikahannya ini 14 Mei 1904 lahirlah anak pertamanya yang bernama Hans Albert Einstein.

Sepak Terjang Ilmuwan Albert Einstein

Menjadi seorang ilmuwan terbesar, ternyata jalan yang dilaluinya tidaklah mulus. Profil Albert Einstein mencatat dia menghabiskan masa kuliahnya di ETH (Eidgenoessische Technische Hochscule), pada usia 21 tahun dia berhasil lulus dari bangku perkuliahan. Pada waktu itu, dia sempat melamar pekerjaan sebagai asisten dosen, tapi ditolak. Dan akhirnya dia mendapatkan pekerjaan sementara sebagai guru di SMA, beralih pekerjaan dia bekerja di kantor paten kota Bern, Swiss, selama itu pula dia tetap mengembangkan ilmu fisikanya. Pada tahun 1904 tahun yang sama dengan kelahiran anaknya, posisinya telah berubah menjadi tetap dikantornya.

Dia juga mendapatkan gelar doktor setelah menyerahkan thesis pada tahun 1905 dari Universitas Zurich. Ditahun yang sama, dia menuliskan empat artikel yang memberikan dasar fisika modern tanpa banyak sastra sains. Ternyata banyak fisikawan yang setuju akan ketiga thesis gagasan Albert tentang gerak brownian, efek fotolistrik dan reletivitas khusus ini. Dan mereka merasa bahwa ketiga penemuan dari Albert tersebut pantas mendapatkan penghargaan Nobel. Tapi sayang pada kenyataannya hanya satu thesis saja yakni efek fotoelektrik yang mendapatkan penghargaan tersebut. Dan hingga kini ilmu ilmu dari Albert Einstein sangat bermanfaat bagi perkembangan ilmu fisika.

Itulah sedikit kupasan kita mengenai biografi Albert Einstein, seorang ilmuwan fisika terhebat di abad-20 yang sangat jenius dan penemuannya amat bermanfaat bagi semua umat manusia didunia bahkan hingga saat ini. Beliau menutup usia di Rumah Sakit Princeton pada 17 April 1955 diusianya yang menginjak 76 tahun, karena pendarahan internal dan menolak untuk dioperasi.

Profil dan Biografi Ilmuwan Terbesar Didunia Albert Einstein | dheinzho | 4.5

Leave a Reply