Biografi Bill Gates

Biografi Bill Gates – Anda pasti sudah tidak asing dengan nama Bill Gates, namanya sangat dikenal karena menjadi orang terkaya di dunia saat ini. Menjadi orang terkaya di dunia ternyata kekayaan bersih yang dimilikinya mencapai US$ 79 miliar pada tahun 2015 lalu. Pemilik nama lengkap William Henry Gates III ini lahir di Seattle, Washington pada 28 Oktober 1955 dan kini berusia 62 tahun, merupakan seorang tokoh bisnis, investor, penulis, filantropis asal Amerika Serikat. Dia juga mantan CEO diperusahaan perangkat lunak Microsoft yang didirikan bersama Paul Allen.

Profil dan Biografi Bill Gates

Bill gates lahir dari seorang keluarga yang dipandang berada serta berpengaruh di Washington DC, ayahnya bernama William Henry Gates berprofesi sebagai seorang pengacara ternama dan ibunya bernama Mary Maxwell bekerja sebagai seorang anggota direktur First Interstate BancSystem. Dari biografi Bill Gates, ia merupakan anak kedua dari tiga bersaudara kakaknya bernama Kristianne dan adiknya bernama Libby. Selain menjadi orang terkaya didunia Bill Gates saat ini, dulunya dia tergolong anak yang cerdas, tapi dia terlalu bersemangat dan justru karena sebab ini dia mengalami kesulitan di sekolah.

Biodata Bill Gates

Orang tuanya menyadari akan hal tersebut, dan ketika Bill Gates berusia sebelas tahun, mereka memutuskan untuk mengirimnya ke Lakeside School. Lakeside School merupakan sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Disekolah inilah Gates pertama kali mengenal dan diperkenalkan pertama kali dengan komputer. Dulu komputer ini masih dalam bentuk mesin teletype yang kemudian dihubungkan dengan telphone ke sebuah komputer pembagian waktu. Saat itu mesin ini dikenal dengan ASR-33, dapat dikatakan bahwa ini adalah mesin ketik dimana siswa dapat memasukkan perintah kepada komputer.

Dan jawabannya kembali diketikkan ke gulungan kertas pada teletype. Ini memang merepotkan, tapi inilah yang membuat perubahan pada profil dan biografi Bill Gates. Kecerdasannya membuat dia dengan cepat menguasai BASIC, bahasa pemrograman komputer dan mempelajari berbagai hal tentang komputer. Gates dan Paul Allen sekitar tahun 1975 pertama kali menyiapkan program software untuk mikro komputer. Ternyata program software Microsoft yang dibuatnya ini memiliki nilai komersil yang bagus. Diapun kemudian mendirikan Microsoft Coorporation, dimana perusahaan ini kini menjadi perusahaan paling sukses di dunia.

Kehidupan Pribadi Bill Gates

Dalam kehidupan pribadi Bill Gates, dia menikah dengan Melinda French pada 1 januari 1994. Dari pernikahannya ini dia dikaruniai tiga orang anak bernama Jennifer Katharine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele Gates (2002). Telah sukses menjadi seorang pendiri Microsoft tak menyurutkan langkahnya dalam usaha dan juga sosial. Dia bersama istrinya telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan sosial filantropi. Niatan untuk bersosial memang telah ada sejak lama, bahkan tak tanggung tanggung dia menyumbangkan 90 persen hartanya untuk sosial selama dia masih hidup.

Dalam bulan Juni 1999 Gates beserta istrinya menyumbangkan harta mereka sebesar $5 milyar kepada organisasi yang mereka dirikan. Ini merupakan pendermaan terbesar yang pernah ada. Pada tahun 2004 Gates dikabarkan akan mendapatkan penghargaan kesatria dari Ratu Elizabeth II. Dan dalam tahun 2008, Gates mengundurkan diri dari manajemen perusahaannya sendiri yakni Microsoft dan berkonsentrasi pada yayasan yang didirikan.

Itulah sedikit kupasan mengenai biografi Bill Gates, seorang yang amat berjasa dan berpengaruh akan perkembangan software komputer. Hingga saat ini Microsoft berhasil menciptakan produk produk fenomenal seperti microsoft office, windows xp, windows 7 dan akan segera menyusul windows 8. Bahkan kini Microsoft telah merambah dunia smartphone dengan menciptakan windows phone 7.

Biografi Bill Gates | dheinzho | 4.5

Leave a Reply