Biodata Adam Malik Sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan serta Profil Biografi Singkat dan Riwayat Hidup Lengkap Beliau

Biodata Adam Malik Sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan serta Profil Biografi Singkat dan Riwayat Hidup Lengkap Beliau penting diketahui. Hal ini tidak lain karena peran vitalnya dalam Memperjuangkan Indonesia untuk lepas dari penjajah. Indonesia dijajah dan direbut hak kemerdekaannya oleh beberapa Negara. Dijadikan pembantu di tanah sendiri merupakan hal yang paling tidak bisa diterima oleh warga Indonesia. Setelah berpuluh puluh tahun di jajah, akhirnya pahlawan pahlawan kemerdekaan merebut hak kemerdekaan Indonesia kembali. Perjuangan yang begitu berat dan panjang menjadi catatan sejarah yang tak akan bisa dilupakan oleh bangsa ini. Kemerdekaan tersebut pun melahirkan pemimpin pemimpin yang berjuang dalam memperbaiki negaranya. Tetapi kehebatan seorang Presiden tentunya dibantu oleh Wakil Presiden.

 

Biodata Adam Malik

Biodata Adam Malik Sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan serta Profil Biografi Singkat dan Riwayat Hidup Lengkap Beliau

Biodata Adam Malik Sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan serta Profil Biografi Singkat dan Riwayat Hidup Lengkap Beliau

Dalam setiap masa jabatannya, tentu lah seorang Wakil Presiden berperan dalam membantu pekerjaan Presiden. Presiden ke-2 Indonesia yaitu Bapak Soeharto dibantu oleh Wakilnya. Selama menjabat, Presiden Soeharto sudah berganti wakil selama 6 kali. Setelah Wakil Presiden Hamengkubuwana IX, posisi Wakil Presiden diambil alih oleh Adam Malik. Tentunya pergantian Wakil Presiden ini dilakukan karena beberapa hal dan sudah disetujui oleh beberapa Menteri pada kala itu. Pemilik nama lengkap Adam Malik Batubara adalah Wakil Presiden ke-3 sebelum Era Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Baca Juga : Biografi Lengkap Sri Sultan Hamengkubuwono IX

 

Biografi Lengkap Adam Malik

Seorang Wakil Presiden yang ternyata dikenal dengan panggilan Adam Malik ini ternyata keturunan darah batak yang jarang memunculkan marganya. Meski begitu, ia tidak pernah melupakan keturunannya. Beliau lahir di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara tepat di hari Kamis, 22 Juli 1917. Tokoh yang penting bagi sejarah Indonesia ini dijuluki Si Kancil. Beliau adalah orang yang menyukai film koboi sejak masa kecilnya. Selain menonton film koboi, beliau memiliki kegemaran seperti membaca dan fotografi. Masa kecil beliau dipenuhi dengan banyak membaca buku.

 

Biodata Singkat Adam Malik

Nama PanjangAdam Malik Batubara
Nama PanggilanAdam Malik
Tempat LahirPematang Siantar, Sumatera Utara
Tanggal Lahir22 Juli 1917
AgamaIslam
Nama AyahAbdul Malik Batubara
Nama IbuSalamah Lubis
IstriNelly Adam Malik Nelly Adam Malik
Anak1. Otto Malik,
2. Antarini Malik, dan
3. Budisita Malik

 

Riwayat Pendidikan Adam Malik

Riwayat Pendidikan Adam Malik sebagai Wakil Presiden Indonesia Ke 3

Riwayat Pendidikan Adam Malik sebagai Wakil Presiden Indonesia Ke 3

Setelah lulus dari HIS, beliau diminta ayahnya untuk memimpin toko Murah disebrang Bioskop di Kotanya. Saat memimpin toko ia menyempatkan untuk membaca buku sehingga hal tersebut memperkaya pengetahuan dan wawasannya. Meski menjadi seorang yang gemar membaca, ternyata beliau pernah ditangkap dan ditahan polisi pada usianya yang masih belasan tahun. Saat itu beliau ditahan oleh Polisis Dinas Intel di daerah Sipirok pada tahun 1934. Penangkapannya tersebut membuat beliau ditahan selama 2 bulan di penjara lantaran melanggar larangan berkumpul.

Baca Juga : Biodata Lengkap Presiden RI Pertama, Ir. Soekarno

 

Profil Riwayat Karier Adam Malik

Adam Malik dan Profil Riwayat Karirnya Menjadi Ketua Partindo

Setelah masa kelamnya ditahan di penjara, diusia beliau yang ke 17 ia menjadi seorang Ketua Partindo di kota kelahirannya Pematang Siantar. Masa jabatannya yaitu pada tahun 1934 hingga 1935. Meski hanya menjabat 1 tahun, beliau ikut aktif memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Beliau mempunyai keinginan untuk terus maju dan berbakti kepada bangsanya sehingga mendorong Wakil Presiden ke-3 ini untuk merantau ke Jakarta. Di usianya yang ke 20 tahun, beliau bersama Soemanang, Sipahutar, Armin Pane, Abdul Hakim dan Pandu Kartawiguna memelopori kantor berita.

Berdirinya kantor berita tersebut antara tahun 1937 dan berkantor di Jl. Pinangsia nomor 38 Jakarta Kota. Saat itu mereka hanya bermodalkan satu meja tulis tua, mesin tulis tua dan mesin roneo tua. Dengan alat seadanya mereka bisa menyediakan berita hingga ke berbagai surat kabar Nasional. Hal tersebut sudah dilakukan beliau sejak ia masih sering menulis di Koran Pelita Andalas dan Majalah Partindo. Mendekati 17 Agustus 1945 beliau bersama Sukarno, Chaerul Saleh, dan Wikana melarikan Bung Karno dan Bung Hatta.

Baca Juga : Biografi Lengkap Bung Hatta

Peran Adam Malik dalam Peristiwa Rangasdengklok serta Agama yang Dianut Adam Malik

Peran Adam Malik dalam Peristiwa Rangasdengklok serta Agama yang Dianut Adam Malik

Peran Adam Malik dalam Peristiwa Rangasdengklok serta Agama yang Dianut Adam Malik

Tentu saja sejarah tersebut dicatat oleh sejarah sebagai peristiwa Rengasdengklok. Hal tersebut mereka lakukan untuk memaksa Bung Karno dan Bung Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Pria yang menganut agama Islam ini pernah menjadi Wakil Ketua III Komite Nasional Indonesia Pusat. Beliau menjabat selama 29 Agustus 1945 hingga Februari 1950 dimana saat itu Soekarno menjadi Presiden. Kemudian kariernya yang lain adalah sebagai Menteri Perdagangan Indonesia ke-15. Selama 13 November 1963 – 27 Agustus 1964. Ia bekerja dibawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Adam Malik sebagai Mentri Luar Negeri Indonesia yang Turut Mendirikan ASEAN

Selanjutnya di tahun 1966, beliau menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia ke-11 dan berakhir di tahun 1978 yang digantikan oleh Mochtar Kusumaatmadja. Di tahun 1977 hingga 1978, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat yang ke-7 dimana pada saat itu dipimpin oleh Presiden Soeharto. Hingga akhirnya menjadi seorang Wakil Presiden Indonesia yang ke-3. Masa Jabatan beliau adalah 23 Maret 1978 dan berakhir pada tanggal 11 Maret 1983 digantikan oleh Umar Wirahadikusumah.

Baca Juga : Biografi Pahlawan di Indonesia

Profil Riwayat Hidup Adam Malik dan Keluarga, Istri, serta Anaknya

Profil Riwayat Hidup Adam Malik dan Keluarga, Istri, serta Anaknya

Profil Riwayat Hidup Adam Malik dan Keluarga, Istri, serta Anaknya

Beliau menikah dengan seorang wanita bernama Nelly Adam Malik dan dikaruniai 3 orang Anak. Kedua anak beliau diberi nama Otto Malik, Antarini Malik dan Budisita Malik. Bapak Adam Malik adalah anak ketiga dari sepuluh bersaudara. Ayahnya bernama Abdul Malik Batubara dan ibunya bernama Salamah Lubis. Beliau didukung oleh partai politik yaitu Golongan Karya yang sering disingkat menjadi Golkar. Beliau akhirnya menutup usianya di umurnya yang ke 67. Tepat pada tanggal 5 September 1984 di daerah Bandung, Jawa Barat ia mengakhiri sejarah pentingnya. Perjuangan beliau sangatlah dikenal.

Biodata Adam Malik Sebagai Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan serta Profil Biografi Singkat dan Riwayat Hidup Lengkap Beliau admin sudahi. Semoga ada manfaatnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!