Biodata Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI dan Profil Biografi Lengkap Mengenai Riwayat Pendidikan dan Kariernya

Biodata Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI dan Profil Biografi Lengkap Mengenai Riwayat Pendidikan dan Kariernya penting anda ketahui. Jabatan Presiden dan Wakil Presiden di Indonesia sangat banyak diimpikan oleh warga Indonesia. Karena suatu kehormatan dan kepercayaan dari warga Indonesia lah yang membuat jabatan itu banyak diinginkan. Sebagai negara yang sudah merdeka selam 72 Tahun tentu saja ada pasang surut yang diterima oleh Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Mulai dari jalan mulus hingga masalah yang banyak menjadi taruhan mereka dalam memimpin negara. Belum lagi dengan keluhan masyarakat yang kadang suka menyalahkan sepihak Presiden dan Wakil Presiden.

 

Biodata Hamzah Haz

Biodata Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI dan Profil Biografi Lengkap Mengenai Riwayat Pendidikan dan Kariernya

Biodata Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI dan Profil Biografi Lengkap Mengenai Riwayat Pendidikan dan Kariernya

Tentunya, keberhasilan dalam perkembangan suatu negara bukan hanya ada di tangan Presiden dan Wakil Presidennya. Namun, kita sebagai masyarakat harus membantu pekerjaan mereka. Sejak Indonesia merdeka, ada 11 Wakil Presiden. Maka kali ini kita akan membahas Wakil Presiden yang ke-9. Menurut catatan sejarah Indonesia, Wakil Presiden Indonesia yang ke-9 adalah Bapak Hamzah Haz. Beliau memiliki nama lengkap dengan gelarnya yaitu Dr. H. Hamzah Haz, M.A., Ph.D. Perjuangan beliau dalam membantu Presiden untuk membangun negara ini sangatlah penting.

Baca Juga : Kumpulan Biografi Wakil Presiden Indonesia

 

Biodata Singkat Hamzah Haz

[table id=31 /]

 

Profil Riwayat Awal Kehidupan Pribadi

Biografi Lengkap dan Tanah Kelahiran serta Tanggal Lahir Hamzah Haz

Biografi Lengkap dan Tanah Kelahiran serta Tanggal Lahir Hamzah Haz

Biografi Lengkap dan Tanah Kelahiran serta Tanggal Lahir Hamzah Haz

Bahasan biodata hamzah haz yang pertama yaitu mengenai tempat tanggal lahir beliau. Beliau yang akrab dipanggil Haz ini lahir pada tanggal 15 Februari 1941. Tempat lahir beliau adalah di Ketapang, provinsi Kalimantan Barat. Beliau lulus dari Sekolah Menengah Pertama di Pontianak, Kalimantan Barat. Kemudian melanjutkan pendidikannya ke Sekolah Menengah Ekonomis Atas ( SMEA ) juga di daerah Pontianak. Setelah akhirnya lulus dari SMEA, beliau bekerja menjadi seorang wartawan berita di surat kabar bebas. Selama menjadi wartawan, beliau pun tetap melanjutkan pendidikannya. Beliau kuliah di Yogyakarta sampai akhirnya lulus di tahun 1965.

Jenjang Pendidikan Tinggi Hamzah Haz

Merasa ilmu yang didapat belum lah lengkap, kemudian beliau melanjutkan kuliahnya di sebuah Universitas. Jurusan yang beliau ambil adalah Ilmu Perusahaan Fakultas Ekonomi yang bertempat di Universitas Tanjungpura. Tak tanggung tanggung, beliau juga menjadi seorang Ketua Presidium KAMI Konsulat Pontianak. Sejak dulu pun beliau sudah hebat dalam berkarier. Sehingga hal tersebutlah yang menjadikan beliau mempunyai ilmu serta wawasan di kemudian hari. Pria yang berzodiak Aquarius ini sudah menikah dengan seorang wanita pilihannya.

 

Profil Riwayat Hidup dan Karier Hamzah Haz serta Istri dan Anak Anaknya

Bahasan biodata hamzah haz selanjutnya yaitu mengenai riwayat hidup dan karier beliau. Dari pernikahannya dengan seorang wanita bernama Asmaniah Titin Kartini dikaruniai 12 anak. Salah satu anak dari beliau bersama istrinya ini  ternyata mengikuti jejak beliau. Nur Agus Haz lah anak beliau yang ikut ambil peran dalam bidang politik. Nur Agus Haz menjadi seorang anggota DPR dari golongan partai bernama PPP. Dimana PPP adalah partai yang mendukung beliau. Beliau lahir dari keluarga beragama Islam.

Baca Juga : Biografi Wakil Presiden Indonesia – Sri Sultan Hamengkubuwono IX

Memulai Riwayat Karir sebagai Wakil Ketua DPW NU

Profil Riwayat Hidup dan Karier Hamzah Haz serta Istri dan Anak Anaknya

Profil Riwayat Hidup dan Karier Hamzah Haz serta Istri dan Anak Anaknya

Dalam sejarah Indonesia, ada beberapa karier beliau yang dicatat. Karier beliau dimulai pada tahun 1971. Saat itu beliau menjadi wakil Ketua DPW Nahdlatul Ulama (NU) di daerah Kalimantan Barat. Setelah itu beliau menjadi wakil rakyat bagi NU di tahun yang sama. Setelah terjadinya fusi antara NU dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), akhirnya Hamzah aktif menjadi seorang anggota DPR dari PPP. Selain itu, beliau juga menjadi pengurus yang cukup penting dalam PPP. Sampai akhirnya, beliau dipercayakan untuk menjabat sebagai Ketua Umum PPP.

Hamzah Haz Sebagai Menteri BKPM

Selanjutnya di tahun 1988, beliau diangkat menjadi seorang Menteri Negara Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Beliau diangkat oleh Presiden Habibie yang saat itu menjabat. Namun, beliau mengundurkan diri setelah setahun ia menjabat. Alasan beliau dikarenakan adanya desakan dari masyarakat agar seorang pimpinan partai tidak menjabat menjadi menteri. Tapi ternyata perjuangan beliau cukup menjadi perhatian bagi Bapak Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur. Gus Dur meminta beliau untuk menjadi seorang menteri kembali.

Mulai Menjabat Menteri Koordinator Bidang Kesra

Berbeda dari sebelumnya, beliau diangkat menjadi seorang menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pengentasan Kemiskinan RI pada Kabinet Persatuan Nasional. Tepat tanggal 26 November 1999 lah beliau resmi kembali menerima amanat tersebut. Tapi ternyata setelah dua bulan beliau mengundurkan diri kembali karena berbagai alasan. Salah satu alasan yang beliau katakan adalah ingin fokusnya beliau ke partai. Aksi pengunduran diri beliau menjadi aksi yang pertama pada Kabinet Persatuan Nasional. Hingga akhirnya jabatan beliau digantikan oleh Basri Hasanuddin pada tanggal 26 November 1999.

Baca Juga : Biografi Wakil Presiden Pertama Indonesia, Muhammad Hatta

Hamzah Haz Menjadi Wakil Presiden dari Megawati Soekarnoputeri pada 2001

Hamzah Haz Menjadi Wakil Presiden dari Megawati Soekarnoputeri pada 2001

Hamzah Haz Menjadi Wakil Presiden dari Megawati Soekarnoputeri pada 2001

Perjuangan yang beliau lewati ternyata membuahkan hasil. Di tahun 2001, beliau mencapai masa puncaknya. Beliau berhasil menggeserkan Megawati dari jabatannya karena Megawati terpilih menjadi seorang Presiden. Ia naik jabatan menjadi seorang Wakil Presiden Republik Indonesia. Tentunya saat itu, Megawati naik menjadi Presiden karena Gus Dur yang diberhentikan lewat Sidang Istimewa MPR. Sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat yaitu Amien Rais.

Baca Juga : Biografi Lengkap Megawati Soekarno Puteri

Dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dimana saat itu dilakukan oleh 700 orang dari anggota MPR. Dan beliau berhasil unggul mengalahkan Susilo Bambang Yudhoyono dan Akbar Tandjung. Di tahun 2004, dimana saat itu dilakukan PEMILU, PPP meraih posisi yang keempat dibawah partai Kebangkitan Bangsa. Suara yang diperoleh adalah 8,15%. Sehingga partainya mencalonkan Hamzah Haz menjadi seorang calon Presiden dan dipasangkan dengan Agum Gumelar. Tapi ternyata suara yang diperoleh tidak cukup karena hanya sekitar 3% suara yang diperoleh.

Nah, sekian dulu bahasan Biodata Hamzah Haz sebagai Wakil Presiden RI dan Profil Biografi Lengkap Mengenai Riwayat Pendidikan dan Kariernya, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *