Biodata Prabowo Subianto serta Biografi Singkat dan Profil Riwayat Karier Mantan Pasukan Khusus TNI

Biodata Prabowo Subianto serta Biografi Singkat dan Profil Riwayat Karier Mantan Pasukan Khusus TNI akan admin bahas kali ini. Artikel kali ini akan membahas mengenai seorang politisi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia adalah Prabowo Subianto yang akrab disapa dengan sebutan Prabowo. Beliau lahir di Jakarta pada tanggal 17 oktober tahun 1951 dengan nama lengkap Prabowo Subianto Djojohadikusumo. Pria yang kini sudah berumur 66 tahun saat ini sedang menjabat sebagai ketua umum dari Partai Gerindra. Selain memiliki profesi dalam bidang politik, beliau juga menekuni profesi sebagai pengusaha.

 

Biodata Prabowo Subianto

Biografi Kehidupan Pribadi dan Keluarga Prabowo

Biodata Prabowo Subianto serta Biografi Singkat dan Profil Riwayat Karier Mantan Pasukan Khusus TNI

Biodata Prabowo Subianto serta Biografi Singkat dan Profil Riwayat Karier Mantan Pasukan Khusus TNI

Bahasan pertama biodata Prabowo Subianto yaitu mengenai keluarganya. Prabowo adalah putra ketiga dari empat bersaudara yang lahir dari pasangan suami istri bernama Sumitro Djojohadikusumo (Ayah) dan Dora Sigar (Ibu). Walaupun lahir di Indonesia tepatnya di Jakarta, ternyata beliau tidak menghabiskan masa kecilnya di Indonesia. Saat masa kepemimpinan Presiden Soekarno, sang ayah yang memiliki selisih paham dengan presiden saat itu melakukan pelarian ke luar negeri. Hal ini lah yang membuat Prabowo tidak memiliki kenangan masa kecil yang banyak di kota kelahirannya tersebut.

 

Masa Kecil Prabowo Subianto

Biografi Prabowo Subianto Muda Bersama Keluarganya

Biografi Prabowo Subianto Muda Bersama Keluarganya

Beberapa sumber mengatakan bahwa selama kurang lebih sepuluh tahun, beliau telah menghabiskan masa kecilnya dengan tinggal di Malaysia, Singapura, Hongkong, Inggris dan Swiss. Tempat tinggal yang berpindah pindah tersebut membentuk karakter Prabowo menjadi seorang yang mandiri, mampu beradaptasi dengan baik dan tidak mudah menyerah (pekerja keras). Sang ayah sebenarnya telah berniat untuk menanamkan semangat juang membela tanah air kepada sang anak, hal ini dibuktikan dengan pemberian nama Subianto pada nama anaknya. Diketahui bahwa nama tersebut diambil dari nama adik sang ayah yang pernah membela tanah air dan telah gugur di medan perang.

 

Keluarga Besar Prabowo Subianto

Prabowo adalah keturunan dari seorang bangsawan ekonomi Indonesia. Leluhurnya seperti kakeknya merupakan orang penting di Indoenesia pada zaman tersebut. Ia merupakan cucu dari seorang anggota BPUPKI yang telah berhasil mendirikan Bank Negara Indonesia dan juga berhasil menjabat sebgai Ketua DPA untuk pertama kalinya. Ia juga merupakan keturunan dari seorang Panglima Laskar Diponegoro dan juga merupakan keturunan dari seorang Adipati Mrapat yang merupakan Kadipaten Banyumas Pertama.

 

Keturunan dan Saudara Prabowo

Prabowo yang merupakan keturunan dari sultan sultan yang ada di Mataram memiliki tiga orang saudara kandung. Dua orang saudara perempuan bernama Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati. Ia juga memiliki seorang saudara laki laki bernama Hashim Djojohadikusumo.

 

Biodata Singkat Prabowo Subianto

[table id=34 /]

 

Profil Riwayat Pendidikan Prabowo

Pendidikan Sekolah Dasar

Tempat tinggal beliau yang selalu bersifat sementara membuat nya harus merasakan bersekolah tidak hanya pada satu negara saja. Ia tercatat mengenyam pendidikan sekolah dasar di Victoria Institution, Kuala Lumpur, Malaysia dalam waktu tiga tahun. Angka tersebut merupakan angka yang terbilang cepat. Hal ini disebabkan karena Prabowo merupakan anak yang cerdas dan gampang menangkap pelajaran yang diberikan di sekolah.

 

Pendidikan Sekolah Menengah Pertama dan Akhir

Kemudian ia melanjutkan pendidikan sekolah menengah pertamanya di Zurich International School, Zurich, Swiss pada tahun 1963 hingga 1964. Setelah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah pertamanya di Swiss, ia pun melanjutkan sekolah menengah pertamanya di London. Ia tercatat sebagai lulusan dari SMA di American School yang pernah mengenyam pendidikan selama 3 tahun yakni pada tahun 1964 hingga 1967. Ia menamatkan jenjang pendidikannya di usia yang sangat muda yakni 16 tahun.

 

Pendidikan Tinggi Prabowo di Universitas Internasional

Kecerdasan yang dimilikinya akhirnya membuat Prabowo di terima di tiga universitas sekaligus. Universitas tersebut terdiri dari Universitas Colorado, George Washington, dan Rhode Island. Namun, sang ayah yang khawatir akan psikologis sang anak karena kuliah terlalu muda akhirnya menunda sang anak untuk melanjutkan studinya di Perguruan tinggi. Akhirnya orang tua Prabowo memutuskan untuk kembali ke Indonesia bersama anak-anaknya. Hingga pada tahun 1970, Prabowo resmi masuk ke Akademi Militer Nasional yang berada di Magelang saat itu.

 

Profil Riwayat Karir Prabowo

Tamat AKABRI sebagai Lulusan Terbaik

Pendidikan Militer Prabowo Subianto yang Menjadi Lulusan Terbaik di AKABRI

Pendidikan Militer Prabowo Subianto yang Menjadi Lulusan Terbaik di AKABRI

Keuletan yang dimiliki Prabowo membawa ia menjadi seorang lulusan terbaik di Akabri pada tahun 1974. Dari sinilah karir nya dimulai. Setelah ia dinyatakan lulus dari Akabri dengan predikat lulusan terbaik, ia diberi kepercayaan sebagai Komandan Kompi KOPASSANDHA dengan mendapatkan Pangkat Letnan Satu. Setelah mendapatkan jabatan tersebut, ia selalu berhasil meraih berbagai prestasi yang ada di dunia militer. Hal ini dibuktikan dengan dijadikannya Prabowo sebagai Komandan Jenderal Kopassus pada tahun 1995.

 

Menjabat sebagai Panglima KOSTRAD (Komando Strategi Angkatan Darat)

Usai menyudahi jabatan nya sebagai Danjen Kopassus yang ke lima belas di tahun 1998, Prabowo kembali diberikan kepercayaan. Ia dipercayai menjabat sebagai Panglima Kostrad yang ke-22 dengan masa jabatan 20 maret 1998 hingga  22 mei 1998. Saat itu ia menggantikan posisi Soegijono pada masa pemerintahan Soeharto. Kemudian di tahun 2014, Ia mulai menjabat menjadi seorang Petahana yang menggantikan posisi Suhardi sebelumnya.

 

Awal Mula Terjun di Dunia Politik sebagai Kader Golkar

Riwayat Karier Politik Prabowo Subianto yang Mengawali sebagai Kader Partai Golkar

Riwayat Karier Politik Prabowo Subianto yang Mengawali sebagai Kader Partai Golkar

Selain berprestasi dalam bidang kemiliteran, Prabowo juga aktif dalam dunia politik. Pemikiran nya yang dianggap kritis dan bermanfaat membuuat ia terjun ke dalam bidang politik. Pada tahun 2003 Prabowo sah menjadi salah satu anggota partai politik Golkar. Namun berakhir di tahun 2008. Kemudian, ia pun memilih bergabung dengan partai Gerindra di tahun 2008. Karena ide ide yang diberikannya dalam dunia politik dianggap baik dan bermanfaat, ia pun dipercayai untuk menjabat sebagai ketua partai Gerindra di tahun 2014.

 

Prestasi Prabowo Subianto dan Keluarganya

Istri Pertama dan Anak Prabowo dari Siti Hediati Harijadi

Prabowo Subianto yang Ditemani Titiek Soeharto saat Kampanye

Prabowo Subianto yang Ditemani Titiek Soeharto saat Kampanye

Bahasan biodata prabowo subianto yang terakhir yaitu mengnai prestasi prabowo dan keluarganya. Walaupun sangat sibuk dengan dunia militer pada saat itu, Prabowo tetap memiliki kisah asmara nya sendiri. Diketahui dari beberapa sumber baha pada tahun 1983 dimana ia sedang menjabat sebagai Wakil Komandan Datasemen 81 Kopassus ia telah menikah. Prabowo diketahui menikahi putri dari presiden Soeharto yaitu Siti Hediati Harijadi. Dari pernikahannya dengan sang istri mereka pun dikarunia seorang putra Bernama Ragowo Didiet Hediprasetyo. Namun pernikahan nya dengan sang istri hanya terjalin selama 5 tahun.

Alasan dari retaknya rumah tangga Prabowo dan istri sampai saat ini masih simpang siur. Belum ada sumber pasti yang dapat dipercaya sebagai alasan mengapa mereka berpisah. Sang anak, Didiet, akhirnya diasuh oleh ayahnya dan dibesarkan di Boston, Amerika Serikat. Saat ini sang anak telah tumbuh dewasa dan memilih untuk tinggal di Paris dan mengenyam profesi sebagai seorang Desainer.

 

Penghargaan yang Diraih Prabowo

Kemampuan yang dimilikinya dalam dunia militer membuat ia meraih beberapa penghargaan. Prabowo yang saat ini memiliki pangkat Letnan Jenderal TNI sedang bekerja pada bagian unit Infanteri (Kopassus). Ia pernah mendapatkan penghargaan seperti:

  • Bintang Kartika Eka Paksi Naraya
  • Satyalancana Kesetiaan XVI
  • Satyalancana Seroja Ulangan-III
  • Satyalancana Raksasa Dharma
  • Satyalancana Dwija Sistha
  • Satyalancana Wira Karya
  • Bintang Yudha Dharma Naraya

 

Pembebasan Sandera Mapenduma dari OPM

Prestasi Prabowo Subianto dalam Pembebasan Sandera Mapenduma dari OPM

Prestasi Prabowo Subianto dalam Pembebasan Sandera Mapenduma dari OPM

Salah satu pencapaian yang pernah diterimanya adalah Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma. Saat itu ia menjadi pemimpin dari Kopassus. Kejadian yang terjadi saat itu adalah dua belas orang peneliti disekap oleh OPM (Organisasi Papua Merdeka). Namun karena kejadian ini juga, tindakan Prabowo menuai kritikan. Pasalnya helikopter yang digunakan untuk menyelamatkan para peneliti menggunakan lambang palang merah yang bertujuan untuk menipu anggota OPM.

Biodata Prabowo Subianto serta Biografi Singkat dan Profil Riwayat Karier Mantan Pasukan Khusus TNI admin sudahi, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *