Biodata SBY serta Profil Biografi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI Ke 6 dan Kisah Riwayat Hidupnya

Biodata SBY serta Profil Biografi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI Ke 6 dan Kisah Riwayat Hidupnya tentu penting diketahui. Sistem pemilihan di Indonesia awalnya digunakan untuk memilih anggota suatu lembaga perwakilan seperti DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten maupun kota. Namun, semenjak ada perubahan amandemen keempat UUD 1945 pada tahun 2002, pemilihan presiden yang dipilih langsung oleh MPR disepakati untuk dipilih langsung oleh rakyat. Sehingga pemilihan presiden pun termasuk dalam rangkaian PEMILU atau pemilihan umum di Indonesia. Pemilu untuk pemilihan Presiden ini dilakukan pertama kali di tahun 2004. Itu artinya Presiden keenam Indonesia adalah pilihan rakyat.

Biodata SBY

Biografi Lengkap Susilo Bambang Yudhoyono

Biografi Lengkap Susilo Bambang Yudhoyono
Biografi Lengkap Susilo Bambang Yudhoyono

Presiden yang berhasil menang di putaran kedua pemilihan umum tersebut adalah Bapak SBY. Beliau adalah orang yang sangat berwibawa dan sikap maupun omongannya. Pemilik nama lengkap Susilo Bambang Yudhoyono ini tidak seperti presiden yang menjabat sebelumnya. Ia dipilih langsung oleh rakyat dan tidak pernah menjabat posisi sebagai wakil presiden. Pemilihan umum pertama tersebut dilakukan pada tanggal 20 September 2004. Hal tersebut adalah salah satu prestasi yang cukup membanggakan yang ia raih.

Baca Juga : Biografi Lengkap Jokowi, serta Kisahnya Terjun di Dunia Politik

Biodata Singkat SBY

Nama LengkapSusilo Bambang Yudhoyono
Nama PanggilanSBY
Tempat LahirPacitan, Jawa Timur
Tanggal Lahir09 September 1949
AgamaIslam
Nama AyahR. Soekotjo
IbuSitti Habibah
IstriKristiani Herrawati
Nama AnakAgus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono
Akun Sosial Media@sbyudhoyono (instagram)

Profil Riwayat Hidup Susilo Bambang Yudhoyono serta Tempat Tanggal Lahir dan Agama Keluarganya

Profil Riwayat Hidup Susilo Bambang Yudhoyono serta Tempat Tanggal Lahir dan Agama Keluarganya
Profil Riwayat Hidup Susilo Bambang Yudhoyono serta Tempat Tanggal Lahir dan Agama Keluarganya

Seorang lulusan terbaik AKABRI ini lahir di daerah Jawa Timur tepatnya di kota Pacitan pada tanggal 9 September 1949. Pak SBY lulus dari AKABRI pada tahun 1973. Beliau adalah putra tunggal atau putra satu satunya pasangan R.Soekotjo(Ayah) dan Sitti Habibah(Ibu). Presiden yang dikenal dengan darah militer maupun prajurit itu ternyata datang dari ayahnya yang juga adalah pensiunan letnan satu. Sedangkan ibunda pak SBY merupakan putri seorang pendiri Ponpes di daerah Tremas, Pacitan, Jawa Timur. Dan ternyata fakta yang lebih mengejutkannya, ayah beliau memiliki silsilah keluarga hingga Pakubuwana dan juga memiliki hubungan dengan Trah Hamengkubuwana II.

Susilo Bambang Yudhoyono dan Kiprah Keluarganya di Bidang Militer

Susilo Bambang Yudhoyono dan Kiprah Keluarganya di Bidang Militer
Susilo Bambang Yudhoyono dan Kiprah Keluarganya di Bidang Militer

Beliau bertempat tinggal di Bogor bersama Istrinya yang bernama Kristiani Herrawati dan dua putra yaitu Agus Harimurti Yudhono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Istri beliau merupakan putri ketiga dari Jenderal(Purn) Sarwo Edhi Wibowo (Alm). Ayah ibu Ani ini turut membantu penumpasan PKI pada tahun 1965. Putra pertamanya yang bernama Agus lahir pada tahun 1978 dan lulusan dari SMA Taruna Nusantara serta Akademi Militer Indonesia di tahun 2000. Agus mengikuti jejak ayahnya berkecimpung di dunia politik. Pada tahun 2017 lalu, ia mencalonkan diri menjadi seorang Gubernur DKI.

Baca Juga : Biografi Lengkap Presiden RI

Edhie Baskoro Yudhoyono sebagai Saudara SBY

Sedangkan putra keduanya, Edhie Baskoro Yudhono lahir pada tahun 1980 dan menjadi lulusan dengan gelar ganda dalam Financial Commerce serta Electrical Commerce di tahun 2005. Tak tanggung tanggung, putra kedua pak SBY ini juga lulusan dari Curtin University of Technology di Perth, Australia Barat. Presiden keenam Indonesia ini menjabat selama 20 Oktober 2004 sampai pada tanggal 20 Oktober 2014. Ia benar benar menjadi jagoan keluarga karena bisa menang dua kali dalam Pemilihan Presiden.

Presiden SBY yang Mencalonkan Diri di Pemilihan Presiden Tahun 2004 dan 2009

Presiden SBY yang Mencalonkan Diri di Pemilihan Presiden Tahun 2004 dan 2009
Presiden SBY yang Mencalonkan Diri di Pemilihan Presiden Tahun 2004 dan 2009

Tahun pertama beliau menjabat sebagai Presiden, beliau dipasangkan dengan bapak Jusuf Kalla. Kemudian, beliau mencalonkan dirinya menjadi Presiden bersama Bapak Boediono sebagai wakil akhirnya terpilih. Sebelum menjabat sebagai pemimpin negara, beliau sempat menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Sosial dan Keamanan RI ke-8. Masa jabatan pertamanya yaitu di tanggal 23 Agustus 2000 – 1 Juni 2001 yang saat itu Indonesia dipimpin oleh bapak Gus Dur. Setelahnya, ia juga kembali menjabat di tanggal 9 Agustus 2001 – 12 Maret 2004 dipimpin oleh ibu Megawati.

Baca Juga : Profil Saingan Utama SBY dalam PilPres 2004, Megawati Soekarnoputri

Riwayat Pendidikan Presiden RI Ke 6

Selain menjadi lulusan AKABRI, ternyata beliau juga adalah lulusan dari sebuah Institut terbaik kota Bogor yaitu Institut Pertanian Bogor. Presiden yang menganut agama Islam ini menjalani banyak sekali masa pendidikannya. Adapun pendidikan dari beliau adalah sebagai berikut :

  1. Akademi Angkatan Bersenjata RI (AKABRI) pada tahun 1973
  2. American Language Course, Lackland, Texas AS pada tahun 1976
  3. Airbone and Ranger Course, Fort Benning, AS pada tahun 1976
  4. Infantry Officier Advanced Course, Fort Benning, AS pada tahun 1982-1983
  5. On the Job Training di 82-nd Airbone Division, Fort Bragg, AS dan Jungle Warfare School di Panama pada tahun yang sama yaitu 1983.
  6. Antitank Weapon Course di Belgia dan Jerman pada tahun 1984
  7. Kursus Komando Batalyon di tahun 1985
  8. Command and General Staff College, Fort Leavenwort, Kansas, AS
  9. Master of Art (MA) dari Management Webster University, Missouri, AS

Prestasi yang Diraih Presiden Asal Jawa Timur Tersebut

Biodata SBY serta Profil Biografi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI Ke 6 dan Kisah Riwayat Hidupnya
Biodata SBY serta Profil Biografi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI Ke 6 dan Kisah Riwayat Hidupnya

Lulusan Terbaik AKABRI

Beliau juga memiliki banyak sekali penghargaan. Beberapa penghargaan tersebut ia dapatkan selama ia belajar menjadi seorang AKABRI. Beberapa diantaranya adalah Adi Makayasa yang adalah sebutan bagi lulusan terbaik AKABRI pada tahun 1973, Wing Penerbang TNI-AU pada tahun 1998, selanjutnya masih di tahun yang sama ia mendapatkan penghargaan Wing Kapal Selam TNI-AL, dan ada banyak lagi penghargaan lainnya yang beliau dapatkan.

Baca Juga : Biodata Lengkap Presiden RI Ke 3, Bacharuddin Jusuf Habibie

Prestasi di Bidang Politik dan Militer

Tentunya selain menjabat sebagai seorang Presiden, beliau berkarier sudah sangat banyak. Beberapa karier tersebut adalah Dan Tonpan Yonif Linud 330 Kostrad pada tahun 1974 hingga 1976, kemudian ditahun yang sama ia juga menjadi seorang Dan Tonpan Yonif 305 Kostrad. Beliau juga pernah dipercayakan menjadi seorang Ketua Fraksi ABRI MPR. Hal ini diputuskan pada sidang Istimewa MPR pada tahun 1998. Masih berhubungan dengan ABRI pada tahun 1998 sampai 1999, beliau menjadi Kepala Staf Teritorial di Kaster ABRI. Sebelum akhirnya ia diputuskan menjadi seorang Presiden, beliau diberi penugasaan untuk operasi Timor Timur pada tahun 1979 hingga 1980. Ia sempat berhenti dan tidak diberi penugasan selama 6 tahun, hingga akhirnya di tahun 1986 hingga 1988 ia diberi penugasan kembali di daerah tersebut. Benar benar penghargaan dan karier yang sangat membanggakan.

Akun Sosial Media SBY

Ia juga sering dikenal menjadi seorang Presiden yang paling banyak mendapatkan penghargaan. Ternyata beliau juga tidak mau kalah dengan perkembangan jaman. Presiden berwibawa ini memiliki beberapa akun media sosial. Salah satunya ia memiliki akun sosial media yang adalah instagram. Akun instagram tersebut diberi nama @sbyudhoyono.

Baca Juga : Biografi Lengkap Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno

Biodata SBY serta Profil Biografi Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Presiden RI Ke 6 dan Kisah Riwayat Hidupnya admin cukupkan sekian, semoga bermanfaat.