Biodata Umar Wirahadikusumah serta Profil Biografi Singkat Wakil Presiden RI

Biodata Umar Wirahadikusumah serta Profil Biografi Singkat Wakil Presiden RI sangat penting diketahui. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pemerintahan presidensial. Beberapa pihak menyebutkan bahwa sistem presidensial juga disebut dengan sistem kongresional. Makna dari kedua sistem ini yaitu suatu sistem pemerintahan dimana negara yang berbentuk republik memiliki kekuasaan eksekutif dan dipilih secara umum melalui pemilu, namun kekuasaan eksekutif tersebut tidak menyatu dengan kekuasaan legislatif. Bentuk dari sistem pemerintahan presidensial ini adalah, kepala negara dan kepala pemerintahan akan dipimpin oleh seorang presiden.

Presiden yang bekerja untuk mengemban amanah yang diberi oleh masyarakat tidak akan mampu menjalankan semua tugas tugas nya seorang diri, ia butuh pejabat-pejabat pemerintahan lain yang bisa diandalkan untuk mencapai tujuan dari seluruh tugas-tugasnya. Setiap periode masa jabatan, seorang presiden pastilah didampingi oleh seorang wakil presiden. Seorang wakil presiden adalah seorang yang berada pada garis pertama dalam pewarisan kekuasaan Presiden. Wakil Presiden merupakan orang yang memiliki pengaruh terbesar dan kekuatan terbesar setelah presiden di Indonesia.

 

Biodata Umar Wirahadikusumah

Biografi Lengkap Wakil Presiden ke 4 Republik Indonesia

Biodata Umar Wirahadikusumah serta Profil Biografi Singkat Wakil Presiden RI

Biodata Umar Wirahadikusumah serta Profil Biografi Singkat Wakil Presiden RI

Salah satu wakil presiden yang menjabat pada masa Soeharto adalah Umar Wirahadikusumah. Beliau merupakan Purna Jendral TNI yang pernah menjabat sebagai wakil presiden Indonesia yang ke empat. Beliau lahir di Siturajat, Sumedang, Jawa Barat pada tanggal 10 oktober tahun 1924. Ia lahir dari pasangan suami istri yang bernama Raden Rangga Wirahadikusumah (Ayah) dan Raden Ratnaningrum (Ibu). Dilihat dari nama kedua orang tuanya, dapat disimpulkan bahwa Pak Umar adalah keturunan ningrat/bangsawan. Ia memiliki satu orang saudara laki laki dan satu orang saudara perempuan.

 

Biodata Singkap Umar Wirahadi Kusumah

[table id=29 /]

 

Profil Riwayat Hidup Umar Wirahadikusumah Beserta Keluarga, Istri, dan Anaknya

Saudara perempuan dari pak Umar bernama Tuti Kartika dan saudara laki laki nya bernama Raden Maryun Wirahadikusumah. Tentu saj di akta kelahirannya, beliau juga menggunakan nama Raden sebagai nama depan mengikuti nama keluarganya. Ia memiliki seorang istri bernama Karlinah Djaja Adtmadja Wirahadikusumah dan telah dikaruniai dua orang anak perempuan.

Menjabat sebagai Panglima Kodam Jaya 1

Profil Riwayat Hidup Umar Wirahadikusumah Beserta Keluarga, Istri, dan Anaknya

Profil Riwayat Hidup Umar Wirahadikusumah Beserta Keluarga, Istri, dan Anaknya

Sebelum menjabat sebagai wakil presiden Indonesia pada masa jabatan tahun 1983 hingga 1988, beliau sebelumnya pernah menjabat pekerjaan penting bagi tanah air Indonesia. Pak Umar diketahui pernah menjadi panglima komando daerah militer jaya ke-1 pada masa jabatan 1960 hingga 1965 pada masa jabatan Soekarno. Setelah itu ia diangkat menjadi panglima kostrad ke-2 guna menggantikan Soeharto yang pada saat itu telah menjabat sebagai presiden Republik Indonesia ke 2 menggantikan posisi Ir. Soekarno.

Kemudian, setelah menjadi pangilma kostrad pada masa jabatan 2 tahun yaitu pada tahun 1965 hingga 1967 ia kemudian diangkat menjadi kepala staf TNI angkatan darat ke 9 dengan masa jabatan 5 tahun dan menggantikan posisi Maraden Panggabean pada masa pemerintahan presiden Soeharto. Lalu kariernya selanjutnya yang pernah ia dapatkan adalah ia pernah menjabat sebagai ketua badan pemeriksa keuangan ke –8 yang sekarang namanya sudah berubah menjadi KPK pda masa jabatan presiden Soeharto selama 10 tahun.

Umar Wirahadikusumah sebagai Wapres Soeharto

Kerja keras dan kemampuannya dalam mengemban amanah yang diberikan ternyata membuahkan hasil yang manis. Soeharto yang saat itu sedang menjabat sebagai presiden ternyata tertarik menjadikan Pak Umar menjadi pendampingnya sebagai wakil presiden selanjutnya. Akhirnya, pada tahun 1983 ia mengakihiri posisinya menjadi ketua BPK ke -8 dan kemudian menjadi wakil presiden Indonesia yang ke -4 menggantikan posisi Adam Malik.

 

Agama Umar Wirahadi Kusumah dan Profil Beliau

Reputasi dan kerendahan hati yang dimiliki beliau membuat ia membawa perubahan sedikit demi sedikit bagi bangsa Indonesia, pasalnya Umar menjadi salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki jumlah yang sangat sedikit dalam mendukung pernyataan Soeharto yang memilih untuk menuntaskan korupsi dengan cara yang tidak baik, seperti hukuman berat. Pak Umar sebagai umat beragama islam, lebih mengandalkan agama untuk bisa mengubah pemikiran para koruptor di tanah air.

Agama Umar Wirahadi Kusumah dan Profil Beliau

Agama Umar Wirahadi Kusumah dan Profil Beliau

Beberapa kali pak Umar melakukan inspeksi yang mengejutkan dengan kadang-kadang melakukan penyamaran ke wilayah desa guna mengawasi bagaimana berjalannya pengaruh yang masuk terhadap pembangunan rakyat setempat atas kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah. Selama menjabat menjadi wakil presiden juga pak Umar sering mengadakan pelayanan doa di Istana wakil presiden.

 

Wafat dan Waktu Meninggalnya Umar Wirahadi Kusuma

Namun, pada akhir masa jabatannya, ia tidak terpilih lagi menjadi wakil presiden dan posisinya digantikan oleh Sudharmono yang menjadikannya menjadi wakil presiden yang ke -5. Pak Umar dikenal sebagai orang yang rendah hati dan jujur ini akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada hari jumat tanggal 21 maret 2003 pukul 07.53 pagi di rumah sakit TNI-AD Gatot Soebroto. Diberitakan bahwa penyebab ia meninggal adalah karena penyakit jantung yang sudah lama dideritanya. Kemudian jenazahnya dimakamkan di taman makam pahlawan kalibata.

Biodata Umar Wirahadikusumah serta Profil Biografi Singkat Wakil Presiden RI admin cukupkan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *