Profil Ratna Sarumpaet, Seniman+Politisi dengan Segudang Pengalaman

2 min read

Kumpulan Biodata Lengkap Aktor dan Biografi Singkat Artis di Indonesia

Profil Ratna Sarumpaet penting untuk admin bahas. Setelah bebrapa jam lalu, tepatnya pada hari Kamis, 4 April 2019 pukul 09.00, politisi tersebut menjalani Sidang Perkara. Mungkin banyak dari kita yang sudah tahu mengenai adanya Perkara Hoax Penganiayaan Ratna Sarumpaet, tapi untuk profil lengkap beliau, banyak yang belum tahu.

Ratna Sarumpaet merupakan tokoh politisi yang sudah banyak terjun di dunia politik sejak tahun 1993 atau sekitar 36 tahun lalu. Walaupun sering terjun di dunia politik, sebenarnya karir awal Ratna Sarumpaet bukanlah di dunia pemerintahan, melainkan di dunia seniman. Perlu diketahui, pada artikel ini, admin tidak akan membahas tentang kejelekan Ratna Sarumpaet yah. Admin akan memfokuskan mengenai perjalanan hidup dan karier beliau sejak kecil hingga menjadi seperti sekarang ini. Tertarik? Simak pembahasannya berikut ini.

Seperti biasa, admin akan mengulas “Profil Ratna Sarumpaet”, “Perjalanan Karier”, “Kehidupan Pribadi”, serta “Prestasi yang Pernah Didapat”. Untuk langsung lompat ke sub pembahasan tersebut, bisa langsung klik di Daftar Isi dibawah ini.

Biodata Lengkap Ratna Sarumpaet

Profil Ratna Sarumpaet

Kumpulan Biodata Lengkap Aktor dan Biografi Singkat Artis di Indonesia
Kumpulan Biodata Lengkap Aktor dan Biografi Singkat Artis di Indonesia
Nama LengkapRatna Sarumpaet
Nama PanggilanRatna
TTLTapanuli Utara, 16 Juli 1949
AgamaIslam
Suami
AnakAtiqah Hasiholan, Ibrahim Al Hadi, Fathom Saulina, Mohamad Iqbal
Orang TuaSaladin Sarumpaet, dan Julia Hutabarat
HobiOlahraga

Dari biodata Ratna Sarumpaet tersebut, tertulis bahwa agama Ratna Sarumpet ialah Islam. Sejatinya ia penganut kristen, dimana setelah menikah, mulai menjadi muallaf dengan menganut agama Islam.

Baca:

Biodata Singkat Jokowi, dan Perjalanan Kariernya

Sosial Media Ibu Atiqah Hasiholan

Foto Ratna Sarumpaet (kiri), bersama dengan Anaknya, Atiqah Hasiholan (kanan)

Ibu dari artis Atiqah Hasiholan ini juga aktif dalam sosial media maupun website. Beliau memiliki beberapa akun, berikut daftar sosial media milik Ratna:

  • FaceBook: ratnasarumpaet.tiga
  • Twitter: @ratnaspaet
  • InstaGram: @rsarumpaet
  • Website: www.ratnasarumpaet.com

Perjalanan Karier dan Riwayat Hidup Ratna Sarumpaet

Memulai Karier Seniman

Profil Ratna Sarumpaet, dan Salah Satu Karya Terkenalnya, Marsinah Menggugat

Awal mula karier Ratna ialah saat ia terjun ke dunia seni di tahun 1969. Pada saat itu, ia melihat pertunjukan drama dari WS Rendra dan memutuskan untuk keluar dari Perguruan Tinggi Arsitektur di Jakarta dan bergabung dengan kelompok seni tersebut. 5 tahun kemudian, ketertarikannya dengan dunia seni mulai matang, kemudian ia mulai membuat grup sendiri yang ia beri nama dengan “Satu Merah Panggung”. Berbeda dengan kelompok seni drama lainnya, grup besutan Ratna Sarumpaet tersebut lebih menitikberatkan pada drama luar negeri yang disadur dan dipentaskan di Indonesia. Dua Tahun berikutnya, seiring dengan mulai munculnya adegan teater lokal di grup itu, ia memutuskan untuk keluar dari grup drama yang ia buat tersebut.

Sempat keluar di tahun 1976, ia memutuskan kembali bergabung dengan grup Satu Merah Panggung pada tahun 1989. 4 tahun berikutnya, tepatnya di tahun 1993, terjadi pembunuhan buruh bernama Marsinah. Dan karena kejadian tersebut, ia tertarik untuk mementaskan drama berjudul “Marsinah: Nyanyian dari Bawah Tanah” karya dirinya sendiri. Sejak saat itu, ia turut andil dalam mengawal dunia politik di Indonesia.

Baca:

Biografi Singkat Cak Nun, dan Berbagai Prestasinya

Terjun Ke Dunia Politik

Seusai membuat naskah serta mementaskan drama tentang Marsinah tersebut, ia mulai menggeluti lebih dalam di dunia perpolitikan. Satu tahun setelahnya, ibu yang kini berusia 69 tahun tersebut mulai mencari jalan terang tentang pembunuhan Marsinah. Waktu terus berjalan, dan puncaknya di tahun 1997 dimana waktu itu, Kepolisian RI menutup kasus pembunuhan Marsinah ditutup. Alasannya karena DNA milik korban telah terkontaminasi. Karenanya, ia membuat monolog baru di grup yang sama dengan judul “Marsinah Menggugat”. Karena monolog tersebut yang terus dipentaskan, ia berjasa dalam mengangkat isu pembunuhan Marsinah lebih dikenal. Karena naskah yang dibuatnya dianggap provokatif, ia selalu diawasi oleh intel saat itu.

Kisah Pribadi Ratna Sarumpaet

Ratna Sarumpaet, Ahmad Fahmy Alhady, beserta Keluarga Kecilnya

Ratna Sarumpaet memulai kisah asmaranya ditahun 1972 dimana ia menikah dengan seorang Saudagar kaya dari Arab Saudi bernama Ahmad Fahmy Alhady. Tak lama kemudian, Ratna Sarumpaet menjadi muallaf dan hidup bersama dengan pendiri diskotik legal pertama di Asia Tenggara tersebut. Selang 13 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1985, ia berpisah dengan saudagar lulusan Teknik Industri di Jerman itu. Darinya, ia telah dikaruniai 4 anak yang masing masing bernama: Atiqah Hasiholan, Ibrahim, Fathom Saulina, Mohamad Iqbal.

Segudang Prestasi yang Pernah Dicapai Anak dari Saladin Sarumpaet

Terhitung dari tahun dirinya lahir hingga sekarang, Ratna Sarumpet telah mengantongi segudang prestasi. Diantara prestasi yang mentereng ialah sebagai berikut:

PrestasiTahun
Ketua Dewan Kesenia Jakarta2003 sampai 2006
Editor Film di Los Angles1985 sampai 1986
Anggota Kehormatan PEN Internasional2000
Pengurus International Women Playwright2000
Penulis Skenario Terbaik di Festival Film Bandung2010
Meraih Penghargaan The Network for the Motion Asian Cinema di Roma, Italia2009
Public Prize Vesoul International Film Festival di Prancis2010

Dengan segudang prestasi mentereng yang sebagian besar diraih dari kategori seniman, Ratna Sarumpaet mulai terkenal sebagai seniman terbaik di Indonesia. Walaupun akhirnya ia terjun kembali di dunia politik, kiprah seninya tak akan dilupakan oleh bangsa Indonesia.

Baca:

Riwayat Hidup Prabowo Subianto

Sekian bahasan admin mengenai Profil Ratna Sarumpaet, Seniman+Politisi dengan Segudang Pengalamannya. Semoga dapat menambah pengetahuan teman teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *